4 Elemen Kebugaran

    19 Aug

    4 Elemen Kebugaran

    Kebanyakan orang ingin bugar tetapi itu menimbulkan pertanyaan. Apa artinya menjadi bugar? Jawabannya cukup sederhana. Agar bugar, seseorang harus memiliki kemampuan fisik dalam empat bidang: kapasitas aerobik, kekuatan otot dan daya tahan, fleksibilitas dan komposisi tubuh.

    1 Kapasitas Aerobik. Kapasitas aerobik, yang juga dikenal sebagai kebugaran kardiorespirasi, mengacu pada kesehatan dan fungsi jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah. Secara sederhana, kebugaran aerobik adalah kemampuan sistem kardiorespirasi untuk memberikan pasokan oksigen yang cukup untuk melatih otot. Ketika kapasitas aerobik Anda meningkat, kemampuan Anda untuk berpartisipasi dalam latihan yang lebih intens dan lebih tahan lama juga meningkat (misalnya, berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda). Dapat dikatakan bahwa kapasitas aerobik adalah yang paling penting dari empat elemen kebugaran karena manfaat kesehatan yang diberikannya. Menurut American College of Sports Medicine, peningkatan kapasitas aerobik mengarah ke penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol total, peningkatan HDL (baik) kolesterol, penurunan lemak tubuh, peningkatan fungsi jantung dan penurunan risiko diabetes tipe 2.

    2 Kekuatan Otot dan Daya Tahan. Kekuatan otot adalah jumlah maksimum kekuatan yang dapat dihasilkan otot atau kelompok otot selama satu kontraksi. Daya tahan otot adalah jumlah kontraksi berulang yang dapat dilakukan otot atau kelompok otot tanpa melelahkan. Keduanya merupakan komponen penting dari kebugaran secara keseluruhan karena meningkatkan kekuatan Anda melalui berbagai jenis pelatihan ketahanan (misalnya, angkat berat) mengarah ke peningkatan kekuatan tulang, penurunan pengeroposan tulang, penurunan kehilangan otot, peningkatan tendon dan kekuatan ligamen, peningkatan kapasitas fisik, peningkatan fungsi metabolisme ( Misalnya, membakar lebih banyak kalori saat istirahat), dan mengurangi risiko cedera.

    3 Fleksibilitas. Fleksibilitas adalah rentang gerak dalam sendi. Fleksibilitas yang meningkat memberikan berbagai manfaat seperti penurunan risiko cedera, peningkatan aliran darah dan nutrisi ke struktur sendi, peningkatan koordinasi neuromuskular, penurunan risiko nyeri pinggang, postur yang membaik dan penurunan ketegangan otot.

    4. Komposisi tubuh. Komposisi tubuh mengacu pada persentase relatif berat badan yang terdiri dari lemak tubuh dan massa bebas lemak (segala sesuatu selain lemak seperti otot, organ, darah, tulang dan air). Secara umum, semakin rendah persentase lemak tubuh Anda semakin baik karena penyakit terkait dengan kelebihan lemak tubuh seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, arthritis dan gangguan tidur. Saya sering ditanya, "Bisakah Anda gemuk dan bugar?" Jawabannya adalah NO yang luar biasa. Unsur penting dari kebugaran adalah kepemilikan persentase lemak tubuh yang sehat karena peningkatan lemak menyebabkan penurunan kinerja atletik dan peningkatan risiko penyakit (meskipun mungkin untuk menjadi kelebihan berat badan dan sehat karena kesehatan hanyalah ketiadaan penyakit atau penyakit). Menurut American Council on Exercise, persentase lemak tubuh rata-rata untuk pria adalah 18-24%. Untuk pria yang sesuai persentasenya adalah 14-17%. Persentase rata-rata untuk wanita adalah 25-31%; Namun sesuai wanita akan berada di kisaran 21-24%. Persentase lemak tubuh di atas 25% untuk pria dan 32% untuk wanita dianggap obesitas.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *