Representasi Perempuan di Festival Musik Elektronik

    7 Sep

    Representasi Perempuan di Festival Musik Elektronik

    Sebagai artis wanita yang beroperasi di bidang industri musik ini, saya ingin terus mengikuti penelitian terbaru. Dan penelitian terbaru yang sangat menarik menunjukkan bagaimana tanah terletak bagi wanita di bidang festival musik elektronik yang menggiurkan. Jaringan dukungan internasional dan basis data Tekanan Perempuan terdiri dari DJ wanita, Vjs, musisi elektronik, seniman suara, insinyur suara, akademisi dan beragam profesional lainnya yang terlibat dalam industri budaya pasca-klub dan adegan-adegan yang hidup di sebagian besar kota.

    Sebagai upaya kolektif, anggota aktif jaringan Wanita Tekanan menyerahkan statistik untuk festival yang mereka ketahui. Dan kemudian, mengumpulkan semua temuan ini, mereka menghasilkan laporan dan representasi grafis dengan jelas menunjukkan penelitian informal mereka menggunakan fader musik dan diagram ven. Beberapa negara bernasib lebih baik dari yang lain – Inggris bukan yang terbaik untuk representasi gender dengan perempuan yang membentuk sepuluh persen dari para seniman yang tampil. Dan cukup mengejutkan mungkin, Jerman tidak adil jauh lebih baik meskipun ada anggapan bahwa ada lebih banyak DJ perempuan dan seniman yang aktif terutama di Berlin.

    Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan lebih dari delapan puluh persen seniman festival adalah laki-laki dan kurang dari sepuluh persen adalah perempuan – sisanya adalah tindakan yang dilakukan laki-laki dan perempuan. Jadi apa yang bisa dilakukan tentang ini? Salah satu solusi yang diajukan adalah festival yang hanya mewakili seniman perempuan. Tujuannya adalah untuk membuat pernyataan bahwa ada banyak artis wanita di luar sana yang dapat menghibur penonton. Namun ada argumen menentang pendekatan ini karena hal ini masih dapat menyebabkan pemisahan dan kurangnya integrasi dalam daftar nama yang didominasi laki-laki. Ada contoh-contoh festival dan kolektif yang sangat baik yang berusaha untuk tawaran yang lebih representatif dan beragam dari pertunjukan langsung dan DJ – Festival LEM di Barcelona adalah salah satu dari ini, meskipun ini sayangnya tidak ada lagi.

    Tekanan Wanita telah memutuskan untuk tahun ini untuk menghadirkan garis semua perempuan di Berlin untuk dengan berani menyoroti kuantitas dan kualitas perempuan yang bekerja di industri musik elektronik. Namun, festival mendatang akan berfokus pada pencapaian rasio wanita 50-50 pria karena peningkatan tindakan wanita di festival musik elektronik tampaknya merupakan cara yang paling efektif. Ada banyak penyanyi dan DJ wanita yang menarik dan paling mampu, hanya satu yang harus menggunakan mesin pencari favorit Anda untuk mengetahui hal ini. Dan yang lebih penting lagi, penonton berhak mendapatkan berbagai pertunjukan yang bervariasi dan reflektif ketika mereka telah berinvestasi dalam tiket untuk suatu acara.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *